Saturday, November 2, 2013

Punya Duit Cuma Rp 100.000, bisa juga investasi di Reksadana



Yang punya gaji kecil tapi mau investasi buat masa depan bisa beli reksadana juga kok. Cuma butuh Rp 100.000 aja kok. Seperti nabung biasa saja. Kita ngga dipaksa rutin membeli reksadana tiap bulan seperti dalam unit link. Mau ditambah tiap bulan boleh, ngga ditambah tiap bulan juga boleh. Seperti tabungan biasa aja.

Untuk membeli reksadana, bisa hubungi agen penjualnya yang terdaftar di Bapepam atau wakil agen penjual efek reksadana seperti Bank Syariah Mandiri dan cabang (ngga semua cabang ya), Manulife, Bank Commonwealth, HSBC, dsb. Bilang aja mau beli reksadana nanti mereka layani Kalau di BSM harus datang langsung ke bank nya. kalau di Manulife atau commonwealth, mungkin awalnya harus mendaftar dengan datang langsung atau didatangi salesnya tapi kalau untuk pembelian berikut bisa lewat internet banking, telp-telp  dan fax-fax an .

Oh iya, Bedakan antara manajer investasi dan agen penjual. Manajer Investasi yang akan mengelola dana kita. Agen penjual ya yang diberi kewenangan menjual reksadana punyanya manajer investasi, nanti uang kita mereka sampaikan ke manajer investasi. Pilih manajer investasi dan agen penjual yang ada ijinnya dari pemerintah. Resiko uang kita dibawa kabur kecil “:) Mana yang bagus, lihat kinerja dan propektus perusahaan.
Kebijakan masing-masing agen penjual reksadana berbeda, bisa dicari di Mbah Google. Berikut untuk agen penjual Bank Syariah Mandiri dan Manulife

Bank Syariah Mandiri
- Minimal setoran awal              = Rp 1.000.000,-
- Minimal kalau mau tambah     = Rp 500.000,-
- Minimal penarikan                   = Rp 1.000.000,-
- Minimal saldo unit tersisa      = Rp 500 unit
- Biaya beli per transaksi          = 1% dari pembelian
- Biaya jual                                  = kalau sudah lebih dari 1 tahun 0%, kalau kurang dari 1 tahun 1%.

Kalau di Manulife
- Minimal setoran awal             = Rp 100.000,-
- Minimal kalau mau tambah    = Rp 100.000,-
- Biaya beli per transaksi          = tidak ada
- Biaya jual                                  = kalau sudah lebih dari 1 tahun 0%, kalau kurang dari 1 tahun 1,25%.

Selamat membeli reksadana: )  

No comments: