Friday, February 14, 2014

Profesi Pilihan: Menjadi Trader Saham



Terjun di dunia pasar modal dengan menjadi seorang trader/pialang saham, bagi saya adalah suatu pilihan yang menyenangkan. Meskipun harus diakui, bahwa ini bukanlah pilihan yang gampang. Karena sebelum saya memutuskan untuk terjun dan berkecimpung didunia pasar modal, bekal pengetahuan yang saya miliki sungguh sangat minim. Dan bahkan saya juga belum sama sekali memiliki kemampuan sedikitpun untuk bisa melakukan transaksi perdagangan efek yang baik dan benar.

Tapi, karena saya sudah memutuskan tekad untuk menjadi seorang pialang saham yang handal (dengan harapan mendapatkan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi), maka pilihan berat ini pun menjadi terasa ringan. Dengan berbekal semangat 'believe unbelieve,and no mountain to high' saya terus membekali diri dengan segala pengetahuan tentang teknik dan strategi yang diperlukan untuk menghadapi kerasnya industri pasar modal, yang telah banyak memakan 'korban'(pialang yang jatuh bangkrut) dan juga banyak memperkaya pialang yang sukses.

Diawali dengan bergabung pada salah satu perusahaan sekuritas ternama, saya pun mulai mempelajari pemakaian software online trading yang diberikan. Dengan sedikit edukasi dasar tentang analisa teknik (kalau tidak salah,indikator SMA)untuk mendapatkan sinyal beli dan jual, saya mulai mendisiplinkan diri untuk secara rutin mengikuti perkembangan bursa saham setiap hari. Dan saya juga mulai melakukan transaksi-transaksi awal saya, yang 80% menghasilkan LOSS.

Ya, itu terjadi karena masih minimnya pengetahuan saya tentang analisa teknik dan fundamental, yang menjadi dasar untuk melakukan trading saham yang berkualitas. Meskipun sempat terhenyak dan berpikir untuk mundur, saya kemudian mulai secara aktif mencari berbagai artikel tentang trading saham di internet. Pencarian saya ini akhirnya menuntun saya kedalam suatu forum trader/investor saham, yang didalamnya banyak pembahasan tentang bagaimana mengawali karier sebagai trader saham, agar dapat menghasilkan keuntungan yang baik. Dari situ pula saya mendapatkan rekomendasi buku-buku yang harus saya pelajari untuk mendongkrak kemampuan analisa dan strategi trading saya. Saya juga mulai mengenal trader-trader saham yang sudah profesional seperti Santo Vibby,Ellen May,Tigor Nael,Soeratman Doerachman,Beni M.Sinaga,dan beberapa lagi yang lainnya.

Seiring dengan bertambahnya pemahaman saya tentang analisa teknik,psikologi trading, dan strategi trading. Maka kualitas transaksi perdagangan saham saya pun ikut meningkat. Dari yang tadinya 80% transaksi saya menghasilkan LOSS, kini saya bisa secara konsisten menghasilkan profit yang cukup signifikan disetiap bulannya.

Meskipun demikian, saya masih terus menambah dan melengkapi pengetahuan trading, dengan tanpa pernah berhenti belajar baik melalui forum-forum maupun buku-buku yang tersedia. Karena saat ini saya memiliki tujuan baru, yaitu untuk dapat LULUS uji kecakapan profesi pasar modal. Dan mewariskan kemampuan dan keahlian yang saya miliki, kepada putra-putri saya kelak.

Karena menjadi trader saham adalah salah satu pilihan profesi yang menjanjikan kebebasan waktu, pengembangan diri, status sosial yang baik, dan kemakmuran. Dengan bekal kemampuan dan pengetahuan yang cukup, seorang trader saham dapat dengan mudah meraih sukses finansialnya dengan jauh lebih cepat dari pada seorang pengusaha sekalipun.

Bukankah sudah sering kita dengar cerita sukses seorang pialang saham yang berhasil membeli rumah mewah dan mobil barunya karena keuntungan dari salah satu transaksi trading saham miliknya.

No comments: