Saturday, November 2, 2013

PENGALAMAN MEMBUKA REKSADANA


 Ada yang minta diceritakan proses awal membuka reksadana. Mudah2an tulisan ini bisa memberikan gambaran untuk teman-teman yang ingin membuka reksadana.
     Ada 3 jenis reksadana yang jadi pilihan saya yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran atau reksadana saham. Kalau milih reksadana pendapatan tetap buat apa, toh saya sudah buka deposito dan sukuk. Hasil deposito ngga perlu dibagi-bagi dengan manajer investasi karena mudah kok. Masukin deposito atau sukuk, kita tinggal terima return tiap bulan.
Kalau campuran, buat apa juga. Saya sudah menyebar investasi diberbagai instrumen investasi. Dalam portofolio yang belum ada tinggal investasi di saham, padahal saham ngasih return besar. Tapi Return besar berarti resiko juga besar. Resiko uang ambles besar banget dibandingkan dengan yang lain. Liat aja banyak perusahaan bangkrut. tapi hidup kalau ngga nyerempet2 resiko ngga berwarna. Resiko kan sudah saya minimalisir dengan investasi di berbagai tempat. Saya jg investasi di saham pakai uang sisa yang kalau apes sampai hilang saya ikhlas kok.tapi kalau ngasih return gede, lebih ikhlas lagi:) .Untuk main langsung di saham, uang dan ilmu saya belum cukup. Jadi saya serahkan saja ke ahlinya yaitu manajer investasi melalui beli reksadana saham.Kalau dilihat secara tidak langsung, saya  melakukan sendiri  reksadana campuran. Liat ada deposito, sukuk, emas batangan,saham. Nah sekarang tinggal mencari agen dan nama produk apa saja yang bagus.
     Memilih produk apa yang bagus cukup ribet. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja reksadana ke depan. Contoh jika pegawai yang pinter ngelola uang reksadana kita tsb di bajak sama manajer investasi lain, bisa membuat kinerja reksadana kita ke depan jelek tuh kalau dipegang sama pegawai yang ngga sepintar kemarin. Jadi saya hanya memilih reksadana yang agen penjualnya terdaftar dan manajer investasinya terdaftar di bapepam. Ngasih return yang ngga rendah, ngga tinggi dan normal ikut pasar. Kalau ngasih return tinggi banget sedangkan yang lain biasa2 aja, patut dipertanyakan uang kita diinvestasikan kemana tuh.Tapi yang utama lg adalah “syariah”. kenapa saya memilih harus reksadana “syariah”.Dalam transaksi pasar saham ada transaksi yang diharamkan. Ngga mau kan kaya di dunia, tapi di akherat susah karena kemakan uang haram.Jadi dengan saya memilih syariah, manajer investasi berjanji  uang saya dikelola bukan dengan cara haram. Nah sekarang tinggal pergi ke agen penjual reksadana. mari berangkat:)


BUKA REKSADANA MANDIRI INVESTASI ATRAKTIF SYARIAH DI BSM
     Waktu itu saya berfikir kalau agen penjual adalah bank syariah, maka produk reksadananya halal. Pilihan jatuh ke  bank syariah mandiri. Disana hanya dijual reksadana saham syariah “mandiri investasi atraktif syariah”.
Awal buka, saya ke CS untuk membeli reksadana.tidak lupa membawa KTP, Buku tabungan BSM dan kartu NPWP (kalau ada). CS minta saya mengisi formulir pembukaan rekening reksadana dan isi kuesioner pengenalan resiko nasabah. Kuesioner itu untuk mengetahui cocoknya kita beli reksadana apa sih. Campuran, pendapatan tetap, atau saham. Nanti dihitung deh nilai kuesioner, saya termasuk investor yang ngga berani terima resiko (disaranin beli reksadana deposito) atau tengah-tengah (disaranin reksadana campuran) atau suka akan resiko (disaranin reksadana saham). Karena saya mau ambil reksadana saham yang artinya siap resiko tinggi, saya silang saja angka yang besar.
     Setelah itu akan ditanya mau beli reksadana mitra syariah berapa. Kita tidak bisa mengatakan beli sekian unit, karena harga hari ini baru akan ketahuan sore setelah bursa tutup. Jadi kalau beli, bilang saja misal beli Rp 500.000,- besok baru deh kita intip di www.infovesta.com

 nilai NAB  1 unit. Berapa sih unit reksadana mitra syariah yang kebeli dengan uang Rp 500.000,- jika harga NAB 1 unit sekian perak.
     Prosedur selanjutnya adalah isi formulir pembelian dan formulir transfer dari rekening buku tabungan ke rekening reksadana. Pergi ke teller untuk mengurus bayar membayar. Dan selesai. Laporan bisa diambil 2 mingg lg di BSM.

BUKA MANULIFE SYARIAH SEKTORAL AMANAH DI MANULIFE ASET MANAJEMEN INDONESIA (MAMI)
     Karena cape setiap tambah harus ke BSM, tiap jual harus ke BSM, tiap minta laporan harus ke BSM dan karena melihat suami begitu mudahnya bertransaksi reksadana, maka saya memutuskan pindah ke MAMI. MAMI hanya sebagai pengelola uang dan mereka memiliki produk yang ditempeli janji bahwa uang saya akan dikelola bukan dengan cara haram. Janjinya itu ada di produk reksadana manulife syariah sektoral amanah. Insya Allah ngga kecampur dengan reksadana yang lain karena tiap produk reksadana kan dipisah nilainya yang tercermin dalam NAB masing2. jadi ngga ada hasil non syariah dicampur syariah. produk reksadana mandiri investasi atraktif syariah yang mengelola jg bukan bank syariah mandiri tetapi mandiri investasi. bank syariah mandiri hanya sebagai agen penjual.
     Untuk buka, prosedurnya spt BSM. jangan lupa bawa KTP, buku tabungan BCA, ATM BCA, NPWP. nanti uang harus ditransfer lewat bank BCA, bukan di tempat kita daftar.Setelah transfer lewat ATM selesai, struknya diberikan sebagai bukti ke tempat kita daftar tadi. Nanti penambahan bisa lewat internet banking, atau ATM BCA. jangan lupa setelah transfer, kita lapor ke MAMI leawat e-mail ata sms. untuk jual kembali bisa diwakilkan, dan laporan akan datang ke rumah setiap ada perubahan.

BUKA MANDIRI INVESTA ATRAKTIF SYARIAH DI BANK MANDIRI
     beberapa lalu, dapet kabar dr mbah google katanya ada masalah dengan MAMI (ternyata yang bermasalah manulife asuransi, ijin asuransi ngga boleh untuk jual reksadana). akhirnya buka lagi deh reksadana mandiri investasi atraktif syariah di Bank Mandiri tetapi manulife syariah sektoral amanahnya tetap ngga di tarik. Milih bank mandiri, karena bank dekat dengan rumah. Prosedur pembukaan sama dengan BSM,tapi laporan dikirim ke rumah tiap ada perubahan. Untuk tambah dan jual, kita harus datang ke bank tsb.

No comments: