Friday, February 14, 2014

Paper Trading: Efektif Untuk Pembelajaran, Pelatihan, dan Evaluasi



Setelah lama tak pernah lagi mengutak-atik blog saya ini, hari ini tiba-tiba saja tercetus ide untuk kembali berbagi pengetahuan melalui media web log.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang trading saham.
Meskipun sebenarnya ide untuk menuliskan teknik ini sudah lama ada, tapi baru hari ini saya benar-benar sempat dan mau menuliskannya.

Barangkali bagi para trader saham istilah 'paper trading' sudah tidak asing lagi. Dan buat anda yang belum mengetahuinya, saya berikan penjelasannya sedikit.Paper trading adalah metode simulasi trading dengan menggunakan data-data bursa saham realtime, yang dilakukan dengan cara mencatat aktivitas simulasi trading kita pada buku/notes.Untuk memudahkan memahaminya, silahkan ikuti cara yang saya lakukan dalam paper trading saya.

Pertama-tama saya akan mencatatkan jumlah nilai modal awal yang saya kehendaki,beserta keterangan periode dimulainya paper trading.

Lalu saya membuat sebuah tabel yang berisi kolom-kolom Tanggal,Kode Saham,Jumlah Lot,Jumlah Saham,Harga BUY,Harga SELL,Pembayaran Nett,Profit/Loss,dan Sisa Saldo.

Pada kolom Pembayaran Nett berisi nilai bersih pembelian/penjualan,dengan rumus:
Harga Bruto = Jmlh Lot x 500 x Harga BUY/SELL
Harga Nett BUY = Harga Bruto+Fee+Levy+VAT
Harga Nett SELL= Harga Bruto-Fee-Levy-WHT-VAT
Fee = Bervariasi antara 0,1% - 0,5%(tergantung sekuritas dimana kita bergabung)x Harga Bruto.
Levy= 0,04% x Harga Bruto
WHT = 0,1% x Harga Bruto
VAT = 0,01% x Harga Bruto


Kemudian dengan memperhatikan dan mengikuti pergerakan harga realtime pada bursa efek Indonesia,saya melakukan analisa dan melakukan transaksi BUY dengan mencatatkan Kode,Jmlh Lot,Jmlh Saham,Harga BUY dan Pembayaran Nett serta Sisa Saldo pada tabel yang saya buat.
Hal ini saya lakukan kembali pada saat menemukan kembali saham-saham pilihan saya berikutnya,selama sisa saldo saya masih mencukupi.

Selanjutnya sesuai dengan analisa saya dan didasarkan pada pergerakan harga bursa efek Indonesia,saya juga dapat melakukan transaksi SELL pada saham yang berada dalam tabel, yang telah mencapai target price.Dan mencatatkan detailnya pada tabel saya, sehingga saya bisa mendapatkan simulasi trading saya.

Tapi ada satu hal yang harus diingat, bahwa dalam paper trading kita mendapatkan harga BUY adalah pada Best Offer, sedangkan harga SELL kita adalah pada Best Bid.

Dan dari paper trading ini saya bisa mengevaluasi teknik trading saya,dan melakukan koreksi terhadap kekurangan dan kekeliruan yang menyebabkan terjadinya LOSS pada transaksi saya. Atau mencatat langkah-langkah keberhasilan yang menuntun saya mendapatkan PROFIT pada transaksi saya.

Dengan secara rutin dan teratur melakukan paper trading, saya dapat meningkatkan kualitas trading yang saya lakukan sekaligus meningkatkan kemampuan analisa saya.

Demikian sedikit pengetahuan yang ingin saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita.

No comments: