Wednesday, May 22, 2013

Investasi Saham di Bursa Efek Indonesia

Prospek Investasi Saham di Bursa Efek Indonesia

Perkembangan Bursa Saham di Indonesia adalah salah satu yang tertinggi pertumbuhannya di dunia, setelah krisis keuangan dunia pada tahun 2008, Indonesia mencatat perkembangan yang cukup tinggi. Berikut adalah Indeks Bursa Saham Indonesia (IHSG - Indeks Harga Saham Gabungan) dalam kurun 2007 - 2010. Indeks Bursa Saham Indonesia adalah metode perhitungan rata-rata keseluruhan saham yang ada di Bursa Efek Indonesia dan menggambarkan secara keseluruhan bagaimana perkembangan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
  • 2007 : 2.745
  • 2008 : 1.355 (-51%), terjadi saat krisis keuangan dunia akibat Subprime Mortgage
  • 2009 : 2.534 (+ 87%)
  • 2010 : 3.703 (+46%)
Hal ini bukan isapan jempol semata, karena dapat dilihat dari bagaimana dana Investasi Asing yang masuk ke bursa saham terus meningkat, bahkan saat artikel ini ditulis (2011) nilai cadangan devisa Bank Indonesia dari yang sebelumnya hanya berkisar USD 50-60 miliar saat ini mencapai lebih dari USD 100 miliar sampai-sampai nilai kurs rupiah terus menguat. Meskipun bukan berarti bahwa pertambahan devisa tersebut semata-mata hanya karena perkembangan bursa saham Indonesia, namun jika dilihat dari nilai transaksi perusahaan pialang Asing di bursa saham Indonesia, kita dapat melihat bahwa nilai transaksi mereka pun juga menunjukkan peningkatan yang besar.
Apa artinya? Artinya pihak Asing (di luar Indonesia) melihat bursa saham Indonesia sebagai bursa dengan pertumbuhan yang masih prospektif dan bukan hanya pertumbuhan jangka pendek. Berita baik bukan? Tentu saja! Jika orang lain dapat melihat potensi ini, tentu saja kita pun yang tinggal di Indonesia dapat mengambil bagian daripadanya. Namun tentu saja seperti produk investasi apapun sesuatu yang memiliki potensi keuntungan selalu memiliki resiko yang sebanding.

Tertarik Investasi Saham tapi Bingung Mulai Dari Mana?

Mungkin Anda sering mendengar di radio, koran, majalah atau televisi berbagai istilah tentang investasi saham, seperti yang dijelaskan di atas bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik hari ini atau kembali mencapai titik tertinggi dalam 3 bulan terakhir ataupun berbagai isitilah-istilah asing lainnya yang terkait dengan saham dan Anda bingung apa arti semua itu serta dimana Anda bisa mencari tahu lebih jauh. Bahkan bisa saja karena alasan itulah maka Anda sampai menemukan website ini belajarinvestasi.com.
Jika Anda masih bingung dan awam tentang investasi Saham, maka Anda telah tiba ke tempat yang tempat, belajarinvestasi.com merupakan One Stop Investment Center yang akan mengajari Anda semua hal yang Anda perlu ketahui tentang investasi saham dan dirancang untuk kalangan yang masih awam tentang investasi secara umum dan investasi saham.

Untuk Semua Kalangan

Investasi saham tidak hanya untuk kalangan tertentu, seperti para profesional, direktur ataupun hanya kalangan terdidik, yang penuh dengan perhitungan rumit dan istilah-istilah yang memusingkan. Semua itu telah berubah, sekarang investasi saham dengan mudah dapat dilakukan oleh semua kalangan dari ibu rumah tangga, mahasiswa, yang berpendidikan tinggi ataupun rendah, pedagang, karyawan, pengusaha ataupun bagi orang yang bekerja di daerah yang terpecil di luar daerah perkotaan.
Hal ini disebabkan oleh karena dengan kemajuan teknologi maka investasi saham yang dahulu terbatas akses dan informasinya, maka saat ini telah dipermudah dengan adanya internet, Anda saat ini belajar di belajarinvestasi.com pun akibat adanya teknologi. Dengan adanya semua teknologi ini, untuk investasi saham Anda dapat belajar, mendapat berita-berita terkini dan bahkan melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham secara online melalui internet.
Anda dapat melakukannya dengan menggunakan komputer, notebook, ponsel blackberry, ponsel iphone ataupun ponsel Android yang memiliki akses internet dimanapun dan kapanpun.

No comments: